Cara mencegah presbiopi


Presbiopia adalah hilangnya kemampuan mata Anda secara bertahap untuk fokus pada objek-objek terdekat. Ini adalah bagian alami, sering mengganggu dari penuaan. Presbiopia biasanya mulai terlihat pada usia awal hingga pertengahan 40-an dan terus memburuk hingga sekitar usia 65 tahun.

Anda mungkin menyadari presbiopia ketika mulai memegang buku dan surat kabar sejauh mungkin untuk dapat membacanya. Pemeriksaan mata dasar dapat mengkonfirmasi presbiopia. Anda dapat memperbaiki kondisinya dengan kacamata atau lensa kontak. Anda mungkin juga mempertimbangkan operasi.

Berikut gejala presbiopi menurut Artria:

Presbiopia berkembang secara bertahap. Pertama-tama Anda mungkin memperhatikan tanda dan gejala ini setelah usia 40:

Kecenderungan untuk menahan bahan bacaan lebih jauh untuk membuat surat lebih jelas
Penglihatan kabur pada jarak baca normal
Kelelahan mata atau sakit kepala setelah membaca atau melakukan pekerjaan close-up
Anda mungkin melihat gejala ini lebih buruk jika Anda lelah atau berada di area dengan pencahayaan redup.

Kapan harus ke dokter

Temui dokter mata jika penglihatan jarak dekat kabur membuat Anda tidak bisa membaca, melakukan pekerjaan jarak dekat atau menikmati kegiatan normal lainnya. Ia dapat menentukan apakah Anda memiliki presbiopia dan memberi tahu Anda tentang pilihan Anda.

Cari perawatan medis segera jika Anda:

Tiba-tiba kehilangan penglihatan di satu mata dengan atau tanpa sakit mata
Mengalami penglihatan kabur atau kabur
Lihat kilatan cahaya, bintik hitam atau lingkaran cahaya di sekitar lampu
Memiliki penglihatan ganda

Penyebab presbiopi

Untuk membentuk gambar, mata Anda mengandalkan kornea dan lensa untuk memfokuskan cahaya yang dipantulkan dari objek. Semakin dekat objek, semakin banyak lensa tertekuk.

Kornea adalah permukaan depan mata Anda yang bening dan berbentuk kubah.
Lensa adalah struktur yang jelas tentang ukuran dan bentuk permen M&M.
Kedua struktur ini membengkokkan (membiaskan) cahaya yang masuk ke mata Anda untuk memfokuskan gambar pada retina, yang terletak di bagian dalam dinding belakang mata Anda.
Lensa, tidak seperti kornea, agak fleksibel dan dapat berubah bentuk dengan bantuan otot melingkar yang mengelilinginya. Ketika Anda melihat sesuatu dari kejauhan, otot melingkar rileks. Ketika Anda melihat sesuatu di dekatnya, otot mengerut, memungkinkan lensa yang relatif elastis untuk melengkung dan mengubah kekuatan fokusnya.

Presbiopia disebabkan oleh pengerasan lensa mata Anda, yang terjadi seiring bertambahnya usia. Saat lensa Anda menjadi kurang fleksibel, lensa tidak lagi dapat berubah bentuk untuk fokus pada gambar jarak dekat. Akibatnya, gambar-gambar ini tampak tidak fokus.

Faktor risiko

Faktor-faktor tertentu dapat membuat Anda lebih mungkin mengembangkan presbiopia, termasuk:

Usia. Usia adalah faktor risiko terbesar untuk presbiopia. Hampir setiap orang mengalami tingkat presbiopia setelah usia 40 tahun.
Kondisi medis lainnya. Menjadi rabun dekat atau memiliki penyakit tertentu - seperti diabetes, multiple sclerosis atau penyakit kardiovaskular - dapat meningkatkan risiko presbiopia prematur, yang merupakan presbiopia pada orang berusia di bawah 40 tahun.
Narkoba. Obat-obatan tertentu berhubungan dengan gejala-gejala presbyopic prematur, termasuk antidepresan, antihistamin dan diuretik.

Kunjungi juga:


Subscribe to receive free email updates: